Cara Memelihara dan Bertenak Landak Mini

on Selasa, 18 Maret 2014
Menurut informasi dari situs peternak landak mini, selain memiliki sifat yang lucu dan bersahabat, landak mini juga siap untuk menyesuaikan gaya hidupnya dengan sang pemilik. Landak Mini termasuk hewan yang aktif pada malam hari, pada siang hari landak mini cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Dikarena kebiasaannya yang menyukai bersembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa membuatkan “shelter” sebagai tempat untuk landak mini bersembunyi.
Landak mini tidak memerlukan banyak ruang dan kebutuhan makanan mereka sangat mudah dicari. Juga karena pada dasarnya landak mini adalah hewan soliter maka landak mini tidak membutuhkan penemanan hewan lain. Unik bukan?
Landak Mini juga sering menjilat. Hal ini terutama saat landak mini berada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat, lndak mini akan mengigiti media disekitarnya dan membentuk buih dari mulutnya dan merekatkan pada duri-durinya dengan menggunakan lidah. Belum diketahui tujuan dari menjilat ini, tapi beberapa pakar percaya kebiasaan ini dilakukan guna mengkamuflase dirinya dengan area yang baru tersebut dan juga meninggalkan jejak bau.

hedgehog-cute-and-small 

Dengan perawatan yang tepat, landak mini anda bisa hidup hingga 8 tahun. Landak mini tidak memerlukan vaksin dan sangat tahan penyakit. Sehingga banyak orang menganggap landak mini sebagai hewan peliharaan yang sempurna.
Landak Mini memiliki wajah manis seperti rakun, dilengkapi dengan mata kecil dan hidung runcing yang berkedut terus-menerus, memeriksa aroma (bau) di sekitarnya. Meskipun tidak ada hubungan dengan landak jenis porcupine, banyak orang kadang-kadang keliru terhadap landak mini karena duri yang menutupi punggungnya. Namun, duri landak mini sangat berbeda dengan landak pourcupine. Duri landak mini tidak begitu tajam dan memilik ukuran yang kecil.
Sedangkan perutnya pun kecil dan ditutupi oleh rambut-rambut yang halus. Saat mempertahankan diri, landak mini dapat menggulung menjadi bola dan terlihat seperti landak laut. Landak mini memiliki ekor yang pendek, dan hampir jarang terlihat karena tertutupi oleh tubuhnya. Landak mini memiliki kaki kecil serta tubuh yang bulat. Bagi pecinta landak mini , seringkali si landak menunjukkan kebolehannya ketika mereka berlari-lari di atas lantai.

Makanan Landak mini
Meskipun diklasifikasikan sebagai insectivora (pemakan serangga), namun Landak Mini dapat pula diberikan pakan buatan seperti pakan kering anjing dan kucing, namun sebaiknya ditambahkan pula variasi lain seperti ulat hongkong, ulat jerman, jangkrik dan serangga lainnya. Sebaiknya tidak memberikan susu kepada landak mini dikarenakan sensitifitas usus mereka terhadap susu dengan jumlah banyak.

Cara Memelihara Landak
Memelihara landak mini cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kandang setidaknya minimal 30 cm, Untuk tempat pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium, kontainer plastik, bak fiber atau kandang kawat tertutup begitulah cara berternak landak mini mudah di buat/beli. Disimpan di ruangan dengan Suhu yang tepat adalah 21 derajat C hingga 27 derajat C. bila suhu kurang dari itu landak mini akan masuk kedalam proses “hibernasi”. Landak mini bisa diberi makan dry cat food (makanan kucing kering) yang berkualitas baik atau makanan yang diformulasikan khusus untuk landak mini. Landak mini tidak mendaki tirai atau menggigit-gigit furnitur sehingga mereka tidak akan merusak perabotan anda.

Cara Beternak Landak Mini
Sejak bayi, landak mini sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya, dimana utk Jantan jarak antara kelamin & anusnya lebih jauh dibandingkan betina. Ketika landak mini berusia 5 bulan maka mereka sudah dapat dikawinkan, gabungkan antara jantan dan betina dalam 1 tempat, maka si jantan kelenjar kelaminnya akan membengkak dan perutnya terlihat buncit dan mulai mengeluarkan pekikan-pekikan sambil mengelilingi si betina dan mencoba merayu si betina. Ini akan dilakukan terus menerus sampai si betina menyerah dan menurunkan durinya kemudian si jantan akan melakukan penetrasi dan memasukan spermanya.
Proses penggabungan diatas dilakukan selama 2 hari dan diulang setiap 10 hari sekali, hal ini dilakukan karena masa subur dari Landak Mini ini tidak teratur, sehingga dengan melakukan pengabungan secara teratur, diharapkan kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi lebih besar. Setelah digabungkan selama 2 – 3 kali, pisahkan betina sendiri di tempat pemeliharaannya.
Cara lain untuk mengawinkan bisa dilakukan dengan menggabungkan jantan betina selama 2 minggu – 30 hari, kemudian dipisahkan sampai waktunya untuk si betina melahirkan. Setelah terjadi pembuahan, landak mini akan mengalami masa kehamilan selama 35 hari, ketika lahir si bayi landak mini dilapisi oleh membran tipis. Setelah keluar dari rahim ibunya maka si ibu landak mini ini akan mulai menjilati membran tipis tersebut dan dalam beberapa saat duri-duri yang awalnya lembut tersebut akan mulai mengeras. Posisi Melahirkan Anak yang baru lahir Sedang memindahkan anak Bayi umur 1 hari.
Hal yang perlu diingat ialah pada waktu si betina melahirkan anaknya, tidak boleh ada jantan disitu, karena jantannya akan memakan anak yang baru lahir tersebut. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah, tutup sekeliling tempat yang digunakan oleh si betina untuk melahirkan, karena bila betina terganggu, ada kemungkinan betina akan mengalami stress dan memakan anaknya.

0 komentar:

Posting Komentar