Cara Meningkatkan Performa Suzuki Spin

on Kamis, 16 Januari 2014

Untuk yang punya Suzuki Spin 125, bagaimana caranya meningkatkan performa tapi tetap enak buat dipakai harian? Tetapi biayanya juga jangan terlalu mahal juga, yaa itu yang kita inginkan


Emang sih, sudah banyak yang menjual paket performanya tapi kendalanya justru kalau melakukan metode itu
ada perasaan kurang puas karena pembeli pasrah dengan yang didapat, ditambah stoknya juga pasti tidak banyak. Jadi lebih baik kita ambil trik jitu, belanja secara tepat. Maksudnya, step by step, beli barang yang kita butuhkan, sesuai isi kantong.
 
Piston

Namanya dilakukan pembesaran ruang bakar lewat aplikasi piston lebih gede dari standarnya, otomatis kapasitas mesin bisa meningkat. Nah untuk Spin yang notabene mengunakan diameter pin piston ukuran 14 mm bisa pakai piston milik Jupiter MX. “Kenapa? Sebab seher MX menganut model slippery piston alias kuping piston kecil, otomatis kerja piston jadi ringan minim gesekan.
Untuk ukuran bisa menggunakan diameter 58,5 mm yang kalau dihitung cc-nya jadi melonjak di angka 148 cc dari awalnya 125. Soal harga, produk aftermarket keluaran TDR ini dibanderol dengan harga 235 ribu.

Per CVT

Karena cc mesin sudah naik, otomatis sistim penerus dayalah target selanjutnya. “Kalau buat bore-up di bawah 200 cc, lebih baik menggunakan per CVT ukuran 1.000 rpm, karena kalau pakai yang di atas itu malah sayang, ada tenaga yang terbuang. Untuk harga per ini bisa dipinang dengan mahar Rp 50 ribu.
 
Roller
 
Tinggal seting puli deh, satu set puli TDR second generation untuk Spin bisa dibawa pulang dengan uang Rp 72 ribu saja. Saran saya sih, pakai ukuran 8,5 dan 10, jadi setiap putaran mesin tenaga terbagi optimal.”

Biaya Jasa

Urusan belanja-belanja sudah selesai, sekarang tinggal ongkos tukang bubut dan jasa bengkel. Untuk ongkos bubut bisa disisihkan dana sekitar Rp 100 ribu, itu sudah termasuk korter, susun ulang squish pada head. Dan sisa uang bisa dialokasikan ke jasa bengkel sekitar 100 ribu rupiah, itu sudah plus membesarkan paking head. Coba dihitung total berapa? Total hanya Rp 577 ribu

0 komentar:

Posting Komentar