Tips Merawat Hamster yang Baik

on Sabtu, 18 Januari 2014
Hamster adalah hewan yang sangat membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya. Mengapa demikian? Sebab dengan kasih sayang, hamster yang anda pelihara akan semakin mudah diatur. Anda harus sering-sering menyentuh dan bermain dengannya agar ia cepat mengenali anda. Begitu juga dengan mencium aroma tangan anda. Hamster peliharaan anda dengan cepat beradaptasi dengan anda.


Nah, untuk anda yang baru saja membeli hamster untuk menjadi hewan peliharaan kesayangan, berikut ini adalah beberapa tips tingkat untuk pemula bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar.


Tips perawatan hamster untuk pemula

1. Kandang
kandang khusus untuk hasmter saat ini banyak variasi nya dipasaran, mulai dari perbedaan ukuran, seperti
s (small), m (medium), dan l (large). berikut akan saya berikan gambarannya :

kandang hamster ukuran sedang ( maks 5 ekor hamster ) :



kandang hamster ukuran besar ( maks 8 ekor hamster ) :



Selain dibedakan dari ukuran, kandang hamster juga di bedakan dalam hal fasilitasnya, seperti roda berputar (tempat hamster bermain dan berolahraga), tempat mandi hamster, terowongan, rumah - rumahan hamster, tempat minum, dsb. layaknya apartemen, kandang hamster juga ada yang sampai 5 lantai

Ingat sebuah pepatah lama yang berbunyi " ada uang ada barang " jadi semakin lengkap fasilitas yang ada, maka akan semakin mahal pula harganya.

2. Makanan Hamster
Hamster tergolong binatang omnifora / hewan pemakan segalanya. jadi kita tidak boleh sembarangan dalam memberikan makanan kepada hamster kesayangan kita.
hal yang perlu anda ketahui : hamster jangan di beri makanan coklat dan susu. dipasaran saat ini banyak yang menyediakan susu khusus untuk hamster dengan berbagai merek.

3. Alas Hamster /  Bedding Hamster
Chipsi Super - Hamster Bedding :



Untuk alas hamster tersedia dalam 2 (dua) pilihan yaitu serbuk kayu (seperti produk pada gambar diatas) dan pasir zeolit. lalu manakah yang lebih baik, pasir zeolit atau serbuk kayu? untuk hal tersebut saya akan menjelaskan pada artikel yang akan datang.

4. Tempat Minum
Untuk tempat minum, gunakanlah botol yang khusus hamster, jangan gunakan mangkuk. mengapa demikian? sebab jika menggunakan mangkuk besar kemungkinan akan tumpah, dan dapat menyebabkan kandang cepat kotor.

berikut gambar botol tempat air minum hamster



Ok, demikian tips singkat perawatan hamster untuk pemula kali ini, silahkan diperhatikan secara seksama dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar