Tentang Kehamilan Pada Marmut (Guinea Pig)

on Rabu, 05 Maret 2014
Jika Anda memelihara sepasang guinea pig maka anda akan mendapatkan si betina hamil suatu saat nanti, atau anda juga pasti ingin tahu cara mengetahui kehamilan pada GP dan persiapan-persiapan untuk induk hamil, berikut ini adalah tentang kehamilan pada Guinea Pig : 

*Kehamilan Pada Guinea Pig berlangsung lebih lama dari kelinci, biasanya 2 bulan(55-75 hari)
*Guinea Pig lahir dengan bulu lengkap dan beberapa jam berikutnya bisa berjalan
*Guinea Pig mulai Disapih umur 3 minggu-1 bulan, sang induk yang sayang anak bisa saja menyapih di umur 2 bulan.
*Guinea Pig yang mempunyai bayi bisa saling menyusui anak dari indukan lain yang sekelompok, jadi sang anak bisa menyusu dari ibu lainnya
*Jantan akan mendampingi betina jika betina sudah hamil besar, dia akan menjaga dan sabar menunggu
*Guinea Pig dapat kawin lagi beberapa jam setelah beranak jadi mungkin jangan gabungkan jantan bagi anda yang tidak mau peledakan populasi


Cara Mengetahui Kehamilan pada GP :
Pada umur 2 bulan biasanya GP sudah mulai menandakan perkawinan-perkawinan bila ada sepasang GP, tetapi kehamilan akan terjadi pada GP yang berumur 4 bulan atau lebih, karena betina biasanya menunggu sampai dia benar-benar siap, dan biasanya dibawah 4 bulan GP sangat rentan terhadap keguguran.
Jika anda menggabungkan Guinea Pig jantan dan betina dalam 30 hari, biasanya akan terlihat tanda-tanda kehamilan seperti perut samping yang agak membesar, dan puting betina yang kelihatan lebih besar dan jelas nah tanda ini biasanya hamil muda( saya tidak menyarankan menekan perut untuk mencari apakah ada calon bayi atau tidak karena cara ini bisa melukai atau membuat calon ibu stress)Kesabaran adalah kuncinya, maka bersabaralah tunggulah beberapa minggu lagi, biasanya GP betina hamil akan lebih agresif pada GP betina lain di luar Kelompoknya..
Jika mendekati 2 minggu sebelum beranak kehamilan GP akan terlihat jelas, perut samping akan membesar, pada saat ini jangan sering mengangkat GP anda, jadi bila terpaksa saja anda baru boleh mengangkatnya..
Jagalah kebutuhan nutrisi nya, GP hamil perlu vitamin C lebih besar, jadi berilah sayuran yang mengandung vit c, berilah selalu air murni karena GP hamil lebih cepat haus, porsi makan juga harus ditingkatkan.
Bila tidak mau ledakan populasi pisahkan jantan, tapi sebetulnya sang induk lebih aman jika ada jantan disampingnya karena merasa terlindungi tapi setelah beranak jantan bisa saja agresif dan mengawini induk lagi.

Persiapan Sebelum Kelahiran :

Yang harus disiapkan adalah tempat sembunyi atau bisa juga tempat tertutup, bila ada jantan satu kandang maka sediakan tempat sembunyi agar betina bisa sembunyi dari kejaran jantan yang ingin kawin.
bedding atau alas yang empuk untuk lahiran, tidak disarankan memakai kawat atau bambu karena kadang kaki anak bisa terjepit..
Biasanya saat melahirkan sang induk akan berteriak karena kesakitan dan akan ada bnayak darah jika anak nya banyak, jangan panik sang induk bisa mengatasi semua, dari membersihkan anak, dan bekas-bekas darah, yang kita harus lakukan adalah jangan sampai membuatnya takut.
Di luar negeri banyak kasus kematian pada GP yang beranak ini mungkin karena anak GP lahir dengan utuh dan besar sementara jika kita bantu bisa-bisa si induk stress berat.
anak GP biasanya dalam jumlah 1-4 ekor tapi bisa lebih dari 5 meskipun agak jarang..

Jadi Siapkanlah kebutuhan pada GP yang sedang hamil agar dia bisa melahirkan anak yang sehat dan lucu, pertimbangkan juga untuk membiakkan gp karena mungkin bisa berakibat fatal pada gp betina kesayangan kita.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gp saya tak beranak beranak pon.. sudah masuk 4 bulan..

Bro Iyan Breeder mengatakan...

Jual Beli Skinny Marmut/guinea pigs Cavy,Tanpa Bulu dan Hamster Hairless Botak Gundul Hammy, Bisa Kunjungi Situs/Webs/Blogs ini ...KLIK DISINI..., untuk wilayah DKI Jakarta, Jakarta Selatan, dan Kota Subang Jawa Barat, Bisa PCB Pantau Cocok Bayar atau Cod, disini juga tersedia kucing Sphynx dan Bambino Kucing Cebol/Kate/Pendek... Cek Disini...

Posting Komentar