Cara Agar Sugar Glider Bonding

on Minggu, 16 Maret 2014
Agar Sugar Glider bonding diperlukan beberapa tahap yang intinya adalah meningkatkan interaksi ke sugar glider anda. Sugar glider yang sudah bonding ke pemiliknya berarti si sugar glider sudah percaya 100% ke ownernya, jadi diperlukan proses yang tidak sebentar untuk membuat sugar glider bonding.



Bonding sendiri artinya "terikat secara emosi ke pemiliknya". Ciri utama sugar glider yang sudah bonding adalah si sugar glider tidak sungkan atau takut lagi untuk tidur di telapak tangannya. Dan ini tidak mudah karena sugar glider sendiri punya karakter dan wataknya masing-masing. Ada sugar glider yang memang gampang percaya, ada juga sugar glider yang berwatak keras. Namun segalak dan seliar apapun, sugar glider pasti bisa dibondingkan jika anda mencoba terus dan terus.

Bedanya sugar glider bonding dan sugar glider jinak
Perlu diingat bahwa jinak adalah berbeda dengan bonding. Sugar glider disebut jinak saat ia tidak lagi menggigit, namun masih takut atau tidak mau tidur di telapak tangan. Bonding adalah kondisi saat sugar glider percaya 100% kepada pemiliknya hingga ia tidak ragu lagi untuk tidur di telapak tangan.

Inilah beberapa tips agar sugar glider bonding:

1. Beri makan dengan cara hansfeed (diberi makan dengan tangan)
Cara ini mutlak dilakukan. Pemberian makan secara hansfeed akan membuat sugar glider menjadi percaya kepada anda. Semakin sering anda memberi makan dengan tangan, maka semakin cepat si sugar glider menjadi bonding kepada anda. Colek sedikit bubur bayi yang digunakan sebagai makanan dengan ujung jari telunjuk anda, lalu sodorkan ke arah sugar glider. Biarkan dia menjilati bubur bayi di ujung jari anda.
Saat sugar glider diberi makan dengan tangan ujung jari, kadang ia akan mengigiti jari anda. Gigitan itu tidak bermaksud untuk menyakiti. Gigitan sugar glider yang artinya 'ini bisa dimakan atau nggak ya?' akan berbeda dengan gigitan yang artinya 'tangan ini bikin aku marah!!'.

2. Sering interaksi. Ajak sugar glider anda main.
Ajaklah si sugar glider bermain, baik diluar maupun di dalam kandangnya. Saat bermain di luar kandangnya, pastikan kamar yang digunakan tertutup hingga si sugar glider tidak melarikan diri keluar.  


3. Tutup kandang dengan kaus bekas pakai anda.
Bisa dikatakan, indra penciuman sugar glider lebih baik dibandingkan indra penglihatannya, dan sugar glider mengenali lingkungan dan sekelilingnya dari penciuman. Maka dari itu, penting untuk mengenalkan bau tubuh anda kepada si sugar glider. Selain dengan cara mengajaknya bermain, juga bisa dengan cara menutup kandangnya dengan kaus bekas pakai anda.

Demikian adalah beberapa tips cara agar sugar glider bonding kepada anda. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam membondingkan sugar glider.
 

0 komentar:

Posting Komentar