Perbedaan Sugar Glider WC dan Suger Glider CB

on Minggu, 09 Maret 2014
Sugar glider, hewan yang mirip tupai namun berkantung, kini tengah digemari untuk dipelihara maupun diternakkan. Harga jual anakan sugar glider (biasa disebut joey) memang tergolong mahal, berkisar antara 450.000 keatas untuk sugar glider hasil penangkaran sendiri (captive breed, CB), sedangkan sugar glider hasil tangkapan liar biasanya dijual berkisar antara 200.000 sampai 350.000 untuk sugar glider dewasa.

Bedanya Sugar Glider WC dan Sugar Glider CB

Ada kalanya, orang salah membedakan antara sugar glider yang hasil tangkapan liar (wild captive, WC) dengan sugar glider hasil penangkaran. Berikut adalah ciri-ciri atau perbedaan antara sugar glider WC dan sugar glider CB:


Ciri sugar glider WC (tangkapan liar):
1. berkarakteristik liar.
2. menyerang dan mengigit jika akan disentuh.
3. mengeluarkan suara ancaman khas sugar glider (crabbing).
4. biasanya dijual di pasar hewan.
nyaris tidak ada sg cb yang dijual di pasar hewan. nyaris semua sg yang dijual di pasar hewan adalah hasil tangkapan liar alias wc.
5. gigi sugar glider biasanya sudah dipotong untuk menimbulkan kesan jinak kepada calon pembeli.
Maka dari itu, cek selalu keadaan gigi sugar glider yang akan dibeli. Pemotongan gigi sugar glider dapat mengakibatkan infeksi dan kesakitan jangka panjang kepada di sugar glider yang menyebabkan kematian.  


Ciri sugar glider CB (hasil penangkaran sendiri):
1. lebih kalem dibandingkan sg WC.

2. kemungkinan menyerang dan mengigit lebih sedikit dibanding sugar glider WC.
3. sudah terbiasa dengan sentuhan tangan manusia. meski masih mengeluarkan suara ancaman khas sugar glider (crabbing), sugar glider hasil penangkaran terlihat lebih tenang saat dihandle.
4. gigi sugar glider biasanya utuh, meski tidak menutup kemungkinan ada juga sugar glider hasil tangkapan liar yang giginya utuh.
5. biasanya dihasilkan oleh orang yang memang memelihara sugar glider.
maka dari itu, penting untuk datang langsung ke rumah orang yang memelihara sugar glider (breeder) untuk melihat langsung induk dari sugar glider yang akan dibeli.
 

0 komentar:

Posting Komentar