Nama dan Fungsi Pelindung Dalam Taekwondo

on Kamis, 13 Februari 2014
Sebagai olahraga yang tergolong ke dalam olah raga keras, maka ada baiknya kita tau apa saja nama dan fungsi dari masing-masing pelindung yang digunakan seorang atlit dalam latihan dan dalam pertandingan.
Berikut  adalah Peralatan pelindung standar dalam olahraga TAEKWONDO :



1. Pelindung kepala (Head-guard). bagian ini berfungsi untuk meredam kekuatan tendangan lawan yang mengenai kepala, sehingga alat ini sangat penting sekali digunakan pada setiap pertandingan, banyak berbagai merk yang memproduksi head-guard ini, jadi para taekwondoin bisa memilih jenis head-guard yang dirasa aman dan nyaman bagi taekwondoin padasaat pertandingan.

2. Pelindung tulang hasta (Arms-guard). alat ini berfungsi untuk melindungi tulang hasta kita dari benturan yang mengarah pada bagian ini, sehingga resiko patah tulang bisa        dapat dikurangi.

3. Pelindung badan (HOOGO/Body protector). Alat ini berfungsi untuk melindungi bagian badan kita, bagian ini merupakan target yang sering disasar pada waktu pertandingan.

4. Pelindung tulang kering (Shins-guard). Alat ini berfungsi untuk melindungi tulang kering, alat ini membantu mengurangi rasa sakit pada saat benturan di pertandingan.

5. Pelindung kemaluan (Nangsimcha/ Groinguard). Alat ini harus ada pada setiap taekwondoin, karena alat ini sangat penting untuk melindui alat vital para taekwondoin.

Nah ini juga pelindung wajib yaitu :
Pelindung gigi (gum shield)

 

0 komentar:

Posting Komentar