Standar Kualitas Kucing (Show Quality)

on Jumat, 21 Februari 2014
Nah setelah di postingan sebelumnya saya membahas tentang Standar Kualitas Kucing Pet Quality (PQ) dan Breed Quality (BQ)

Di postingan ini saya ingin membahas standar kualitas kucing Show Quality (SQ)

Terdapat empat definisi (pendapat) mengenai kucing dengan standard "Show Quality" :
  • Definisi/pendapat pertama
    Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang "dianggap" mempunyai peluang untuk menang dalam lomba/kontes kucing.
  • Definisi/pendapat kedua
    Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang pernah diikutkan (disertakan) dalam lomba/kontes kucing dan lolos dalam seleksi standard kucing.
  • Definisi/pendapat ketiga
    Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang salah satu induknya (orang-tuanya) pernah menang dalam lomba/kontes kucing.
  • Definisi/pendapat keempat
    Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang kedua induknya (orang-tuanya) pernah menang dalam lomba/kontes kucing.
Show Quality,
Kucing jenis ras Persia (Persian)
Silakan baca juga : Breed Quality dan Pet Quality
Definisi/pendapat manakah yang benar ?
Umumnya breeder (peternak/penyayang kucing) cenderung menggunakan definisi yang pertama. Hal ini sesuai dengan tujuan utama pemeliharaan kucing "Show Quality" tersebut, yaitu untuk dilombakan dalam kontes kucing dan memiliki peluang untuk menang.

Yang pasti, tidak ada kucing "Show Quality" yang selalu menang setiap dipamerkan atau mengikuti kontes kucing (cat show). Karena masalah kalah-menang bagaimanapun juga bergantung dari penilaian para jurinya, yang tentu saja berusaha seobyektif mungkin sesuai dengan conditioning (berat badan ideal, kondisi kulit, bulu, mata dan keseluruhan tubuh yang ideal), dan faktor2 lainnya (sesuai pandangan/penilaian masing2 juri).

Umumnya para peternak kucing (breeder), telah memantau seluruh kucing-kucingnya dan akan langsung memisahkan kucing-kucingnya yang dianggap "sangat baik kualitasnya", yang kemudian dia kategorikan sebagai kucing Show Quality. Dan selanjutnya akan dia pelihara dan dia latih dengan fasilitas dan perhatian yang lebih baik dibandingkan kucing-kucing lainnya.

Dari segi harga, kucing kategori Show Quality ini berharga mahal bahkan sangat mahal. Tidak ada standard harga tertentu, karena kucing tersebut seolah sudah seperti "barang seni", yang harganya bergantung dari "minat + selera pemilik" dan "minat + selera pembeli"-nya. Untuk seekor anak kucing, harganya bisa 10 juta, 20 juta, 30 juta, 100 juta, dsb-nya.

0 komentar:

Posting Komentar