Tips Melatih Nafas untuk Tanding (Sparring)

on Minggu, 16 Februari 2014

Nah para Taekwondoin pasti bertanya-tanya, bagaimana sih caranya supaya nafas kita bisa tahan saat kita sedang sparring/tanding? sebelumnya saya mau kasih tahu dulu nih sebabnya kenapa nafas kita kurang/cepat habis.

Ada 2 sebab, 'nafas' kita kurang kuat saat sparring/tanding:

1. Karena masalah fisik: Kurang latihan kardiovaskular; dan
2. Karena psikis/emosi: panik, marah, ketegangan atau takut (takut gagal/takut malu, dll).


Untuk masalah fisik, solusinya harus latihan kardiovaskular yang baik misalnya: lari. Latihan lari yang dilakukan sebaiknya latihan sprint dengan interval. misalnya sprint 200 m, dan interval istirahat 60 atau 30 detik. Lakukan 3-4 kali. Ini akan mengkondisikan tubuh kita dalam suasana sparing/pertarungan yang eksplosiv. Selain 'lari', latihan yang paling bagus adalah skipping/lompat tali. Latihan ini sangat bagus untuk Taekwondoin melatiih kekuatan kaki dan koordinasi gerak.

Untuk masalah yang kedua, dapat dipecahkan dengan sering melakukan sparring tanpa memikirkan 'ego'. Atlet yang 'takut'/menghindari sparring, atau hanya mau sparring dengan lawan yang lebih mudah, biasanya tidak akan memiliki mental 'juara'. Dalam latihan harus selalu mengingat: respek/hormati kawan berlatih dan lupakan ego. Kalah atau menang tidak penting, yang utama adalah memberikan yang terbaik. Dengan semakin sering melakukan sparring, kita akan semakin terbiasa dalam situasi pertarungan sehingga pikiran kita tenang dan terkendali. Selain itu, yang amat penting saat sparring/tanding harus selalu menggunakan 'pikiran'. kita harus bisa merencanakan serangan. Pikiran juga mesti dilatih bagaimana mengatur tempo pertarungan. Saat 'menyerang' harus cepat dan keluarkan napas juga dengan cepat (jangan menahan napas, ini akan membuat kita cepat lelah). Sedang saat lawan diluar jarak serang, tubuh harus rileks dan berbapaslah dengan panjang. Sekali lagi, perhatikan napas kita saat bertarung. Biasanya, karena terlalu tegang dan emosi, kita sering menahan napas. Hal ini akan segera membuat kita lelah karena asupan oksigen ke dalam tubuh berkurang.

Setelah cara diatas dilakukan ada juga buat penambahnya yaitu dengan mengkonsumsi buah Pisang dan makan gula merah, cara ini juga dapat membuat nafas kita jadi lebih panjang.
(tapi ingat makan gula merahnya jangan banyak banyak nanti malah jadi diabetes) hehe :D

0 komentar:

Posting Komentar